1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Kecap Manis mudah dan praktis, lab APHP SMK PP Negeri Sembawa

Kecap Manis mudah dan praktis, lab APHP SMK PP Negeri Sembawa

Kecap Manis mudah dan praktis, lab APHP SMK PP Negeri Sembawa

Kecap Manis mudah dan praktis, lab APHP SMK PP Negeri Sembawa

Kecap Manis mudah dan praktis, lab APHP SMK PP Negeri Sembawa

Kecap Manis mudah dan praktis, lab APHP SMK PP Negeri Sembawa

Kamis (25/02/2021) Kecap merupakan salah satu bentuk pangan tradisional dari kedelai. Rasanya gurih yang berpadu manis (Kecap manis), adapula yang bercita rasa asin yang dominan (kecap asin) tentunya sebagai pelengkap bumbu masakan. Lab Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMK PP Negeri Sembawa Membuat Kecap Manis Ala Rumahan.

Kecap manis merupakan produk olahan kedelai secara fermentasi atau non fermentasi yang mempunyai ciri-ciri, yaitu: berwarna coklat kehitaman dan memiliki rasa manis. Kecap manis digunakan untuk meningkatkan cita rasa dan memberi warna pada masakan.

Teksturnya yang kental, berwarna coklat kehitaman tentunya sangat cocok digunakan untuk berbagai hidangan seperti mie, kari, nasi goreng dan hidangan yang lainnya . Tingginya kadar gula pada kecap manis ini disebabkan adanya penambahan gula dalam proses pembuatannya.

Ketua program studi APHP Erni Prabawati menuturkan bahwa kecap manis merupakan salah satu produk yang banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat dengan berbagai usia dari anak-anak hingga orang dewasa, biasanya menjadikan kecap manis ini sebagai penyedap makanan yang tentunya memberikan rasa yang lengkap di setiap hidangan masakan anda. Membuat bumbu sendiri dirumah dirasa sangat menyenangkan salah satunya adalah kecap.

Anda bisa membuat kecap ala rumahan dengan mudah hanya membutuhkan sedikit kesabaran saja. Bahan-bahan yang digunakan tidak terlalu sulit, yaitu kedelai hitam, gula aren, bawang putih, kembang lawang, jinten, gula pasir, garam dan air “ujar erni

Cara pembuatannya yaitu cuci bersih kedelai hitam, kemudian rendam semalaman selanjutnya rebus kedelai dengan air rendaman. Air rendaman akan berubah warna menjadi hitam. Rebus hingga kulitnya mudah terkelupas, tekan-tekan dengan sendok sayur agar seluruh kulit kedelai terkelupas dari bijinya, lalu saring hingga terpisah ampas dan airnya” Ujarnya

Tetap nyalakan api, masak air kedelai yang telah terpisah dari ampasnya tambahkan bahan-bahan seperti gula aren, bawang putih yang telah di geprek, kembang lawang, jinten, gula pasir rebus hingga kekentalan pas seperti kecap. Koreksi rasa, kemudian matikan kompor saring hingga bakalan kecap terpisah dari ampasnya.” Ujar nya kembali

Ingat kekentalan ketika masih panas akan menjadi semakin kental ketika kecap telah dingin. Jadi jangan lupa cek berulang agar kecap tidak terlalu kaku ketika dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 2 2 7 5 5
Views Today : 18
Views This Month : 993
Views This Year : 10615
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.236.116.27
Arsip Tersimpan