1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Kreatif dan Inovatif, SMK-PP Kementan Pamerkan Inovasi Teknologi di PENAS XVI Padang

Kreatif dan Inovatif, SMK-PP Kementan Pamerkan Inovasi Teknologi di PENAS XVI Padang

Kreatif dan Inovatif, SMK-PP Kementan Pamerkan Inovasi Teknologi di PENAS XVI Padang

Kreatif dan Inovatif, SMK-PP Kementan Pamerkan Inovasi Teknologi di PENAS XVI Padang

Kreatif dan Inovatif, SMK-PP Kementan Pamerkan Inovasi Teknologi di PENAS XVI Padang

Kreatif dan Inovatif, SMK-PP Kementan Pamerkan Inovasi Teknologi di PENAS XVI Padang

PADANG – Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Sembawa unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) ikut memeriahkan acara Pekan Nasional (PENAS) Kontak Tani dan Nelayan (KTNA) ke XVI yang berlangsung mulai dari tanggal 10-15 juni 2023 di Padang Sumatera Barat.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bahwa PENAS Petani Nelayan XVI harus menjadi bagian strategis dari upaya konsolidasi bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional ditengah ancaman krisis pangan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa PENAS Petani Nelayan XVI merupakan ajang silaturahmi akbar pertani dan nelayan seluruh Indonesia dan juga forum unjuk gigi inovasi dan teknologi pertanian.

“Pada PENAS Petani Nelayan XVI akan ada berbagai macam acara para petani nelayan untuk unjug gigi menampilkan berbagai macam inovasi teknologi. Disini petani tidak hanya akan menampilkan teknologi inovasinya, akan tetapi juga ada produk-produk pertaniannya, baik yang dalam bentuk natural maupun olahan. Bahkan “Smart Farming” sudah muncul di PENAS Petani Nelayan XVI, ujar Dedi.

Pada kegiatan Gelar Teknologi (Geltek) SMK SPP Negeri Sembawa menampilkan inovasi alat pertanian hasil dari kreatifitas siswa SMK PP Negeri Sembawa yang dibuat untuk membantu kegiatan dalam budidaya tanaman bagi siswa ataupun bagi petani yang ingin memanfaatkan Hand Sprayer bekas/rusak ataupun sudah tidak bisa digunakan kita modifikasi dan diperbaiki kita gunakan untuk pemupukan tanaman dilapangan.

Tampak kunjungan dari peserta PENAS yang ingin mengetahui inovasi kreativitas siswa ini berkunjung stand geltek SMKPPN Sembawa.

Kepala SMKPPN Sembawa Yudi Astoni menyampaikan inovasi alat yang dipamerkan pada kegiatan Gertek yaitu ada dua diantaranya Alat Penugal Pupuk Tanaman (Alpukta ) yang dibuat dari Hand Sprayer bekas dan alat perangkap hama (Light Trap).

Aris Pujianto sebagai petugas lapangan yang bertugas dalam geltek menjelaskan untuk Alpuktan bisa digunakan untuk kegiatan usaha tani dan digunakan untuk pemupukan pada tanaman jagung, yang selama ini dilakukan secara manual ditaburkan dengan tangan dan harus membawa ember dan pengaplikasian penaburanya masih membungkuk sambil jalan, dan apabila dilakukan dalam skala luas membutuhkan tenaga dan waktu yang banyak sehingga biaya yang dikeluarkan cukup tinggi.

“Sehingga perlu ada inovasi baru yang dapat membatu memudahkan petani dalam pengaplikasian pupuk dilapangan.” Ujar Aris

“Kedua yaitu alat perangkap hama (Light Trap) dimanfaakan untuk pengendalian hama padi ataupun hama yang menyerang tanaman hortikultura sebagai contoh wereng coklat, wereng punggung putih, lembing batu, pelipat daun dan penggulung daun dan anjing tanah, alat ini diaplikasikan pada malam hari untuk menarik hama pada malam hari berdatangan karena adanya Cahaya sehingga hama mendekat apabila hama panas hama jatuh di baskom yang sudah diisi air sehingga hama terperangkap tidak bisa terbang.” Jelas Aris

“Manfaat dari penggunaan kedua alat ini yaitu untuk meningkatkan efektifitas kerja, mengefesienkan waktu dan biaya pemeliharaan dan pengendalian tanaman sehingga mampu menekan biaya seminim mungkin dan meningkatkan produktifitas hasil dan harga jual yang tinggi.” tambah Aris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 2 0 2 0 0
Views Today : 46
Views This Month : 1180
Views This Year : 5756
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.238.235.248
Arsip Tersimpan