1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Manfaatkan Ubi Ungu Menjadi Produk Olahan, Es Krim Ubi Ungu Manis dan Lezat

Manfaatkan Ubi Ungu Menjadi Produk Olahan, Es Krim Ubi Ungu Manis dan Lezat

Manfaatkan Ubi Ungu Menjadi Produk Olahan, Es Krim Ubi Ungu Manis dan Lezat

Manfaatkan Ubi Ungu Menjadi Produk Olahan, Es Krim Ubi Ungu Manis dan Lezat

Manfaatkan Ubi Ungu Menjadi Produk Olahan, Es Krim Ubi Ungu Manis dan Lezat

Manfaatkan Ubi Ungu Menjadi Produk Olahan, Es Krim Ubi Ungu Manis dan Lezat

Generasi milenial kini diharapkan terus melatih kreatifitas dan inovatif melalui pengusaan teknologi, agar mampu bersaing menghadapi berbagai tantangan di dunia yang semakin dinamis. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sering kali menjadi point penting. Di masa pandemic dan era digital yang semakin maju, kini Indonesia benar-benar membutuhkan banyak anak muda yang mempunyai visi yang jelas disertai eksekusi yang nyata.
SMK PP Negeri Sembawa, sebagai unit pelaksana teknis terus mendukung para siswa-siswinya untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dengan terus aktif belajar, berinovasi dan kreatif melalui kegiatan pengolahan hasil pertanian.
Seperti diketahui, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo  (SYL) seringkali mengatakan terutama dalam menghadapi wabah Covi-d19, bahwa pertanian tidak berhenti dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional serta meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia agar lebih baik. “Sektor pertanian memiliki potensi yang sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional,” ujar SYL
“Sektor pertanian merupakan sektor yang dibutuhkan oleh semua pihak dan sektor pertanian sangat diperlukan untuk mendukung kemajuan sebuah negara. Maka jangan takut menjadi petani dan wirausaha muda dibidang pertanian”, seru Mentan.
Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, juga menegaskan bahwa pangan adalah masalah yang sangat utama.”Masalah pangan adalah masalah hidup matinya suatu bangsa. Sudah waktunya petani tidak hanya mengerjakan aktivitas on farm, tapi mampu menuju ke off farm, terutama pasca panen dan olahannya. Banyak yang bisa dikerjakan untuk menaikkan nilai pertanian, khususnya pasca panen. Tuntutannya adalah petani harus berinovasi. Buat terobosan agar hadir produk-produk baru,”
Potensi pengembangan pangan lokal yang cukup menjanjikan adalah umbi-umbian, salah satunya ubi jalar ungu. Pemanfaatan ubi jalar ungu sebagai bahan pangan masih sangat terbatas. Kebanyakan orang hanya memanfaatkan ubi jalar ungu sebagai santapan langsung (direbus/  dikukus)  saja,  sedangkan  ubi  jalar  ungu  merupakan  bahan  pangan fungsional yang dapat dijadikan berbagai produk olahan pangan yaitu es krim
Es Krim merupakan salah satu makanan selingan atau jajanan yang banyak diminati oleh semua kalangan, baik muda maupun tua. Es krim berbentuk makanan semi padat yang umumnya terbuat dari susu, lemak, gula atau tanpa bahan tambahan lain. Beberapa fakta menyebutkan bahwa es krim memiliki nilai gizi yang tinggi tergantung pada kualitas bahan bakunya.
Yuli Herlina mengatakan bahwa dalam upaya peningkatan nilai tambah komoditas pertanian dan juga memperpanjang umur simpan produk, pengolahan ubi jalar menjadi es krim dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan utama selain sebagai pewarna,juga ubi ungu ini memiliki manfaat bagi tubuh, yaitu dengan menawarkan es krim sehat yang kaya antioksidan.
Penambahan ubi jalar pada es krim untuk meningkatkan nilai energi, membantu emulsifier es krim sehingga lebih kental, menambah volume dan citarasa.”Ucapnya
Bahan-bahan yang digunakan susu full cream dan kental manis, agar-agar, telur, ubi ungu dan pelembut, Pertama-tama kukus ubi ungu terlebih dahulu, setelah matang kemudian haluskan dan disisihkan, Kemudian campur-kan semua bahan-bahan jadi satu dalam wadah atau panci, aduk-aduk rata dan jika terlihat kental boleh menambahkan air, Lalu masukkan ubi yang telah dihaluskan tadi, kita aduk-aduk kembali hingga adonan tercampur rata. Kemudian kita masak campuran adonan tadi diatas api yang kecil, sembari kita aduk-aduk dan sampai bergelembung atau meletup-letup. Setelah itu kita matikan api dan angkat, kemudian adonan kita biarkan menjadi dingin, Sesudah dingin, kita aduk-aduk adonan hingga lembut dengan menggunakan blender atau mixer. Proses mixer dilakukan hingga 3 kali sampai adonan benar-benar lembut. Setelah lembut kemudian kita tuangkan adonan es krim kedalam cetakan, lalu masukkan dalam frezer hingga membeku.” Ujarnya
Es krim yang saat ini dijumpai terdiri dari banyak macamnya. Selain itu, kini es  krim  disajikan  lebih  menarik  dan  memiliki  pasar  yang  luas  serta  harga  yang relatif  tinggi.  Apabila  dahulu  es  krim  menjadi  makanan/minuman  yang  hanya disantap  sesekali,  kini  es krim  hadir  sebagai dessert bergengsi  dengan  banyak pilihan  rasa  dan  keunikan  yang  khas. Selain  rasanya  yang  lezat, kandungan rata-rata gizi yang tinggi juga dapat menunjang kebutuhan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 2 3 7 1 3
Views Today : 1
Views This Month : 782
Views This Year : 12118
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.192.94.177
Arsip Tersimpan