1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Siswa SMK PP Kementan, Terima Program Beasiswa Pelajar Berdaya

Siswa SMK PP Kementan, Terima Program Beasiswa Pelajar Berdaya

Siswa SMK PP Kementan, Terima Program Beasiswa Pelajar Berdaya

Siswa SMK PP Kementan, Terima Program Beasiswa Pelajar Berdaya

Siswa SMK PP Kementan, Terima Program Beasiswa Pelajar Berdaya

Siswa SMK PP Kementan, Terima Program Beasiswa Pelajar Berdaya

SEMBAWA – Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan nasional dan strategi antisipasi krisis pangan, di antaranya melalui peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan, Kementan mempersiapkan strategi dalam menciptakan SDM Pertanian yang kompeten dan berkarakter untuk pertanian Indonesia yang semakin maju, mandiri dan modern.

“Strateginya dimulai dari sistem regenerasi SDM Pertanian Berkelanjutan. Dimana pembangunan petani milenial melalui sekolah vokasi, pelatihan serta penyuluhan terus digenjot agar terjadi regenerasi petani secara alamiah,” ujar Dedi.

SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa sebagai UPT Pendidikan melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan dengan Dompet Dhuafa Sumatera Selatan. Kerja sama dalam Program Beasiswa Pelajar Berdaya, salah satu program pertama dalam bidang pendidikan yang dilakukan Dompet Dhuafa dalam bentuk Ternak.

Kerjasama ini tertuang dalam Momerandum of Understanding (MoU) antara SMKPPN Sembawa yang ditandai tangani di aula SMKPPN Sembawa (6/10).

Sebanyak 10 Orang Siswa , 1 Orang Pembimbing dan 1 Orang Pegawai yang berdaya menerima bantuan ternak Domba sebanyak 40 Ekor.

”Kami sangat mengapresiasi adanya program dari dompet dhuafa terkait beasiswa pelajar berdaya. Sangat selaras sekali dengan program Kementerian Pertanian yaitu penumbuh wirausahawan muda pertanian atau PWMP, dan mudah mudahan tepat sasaran karena ini hibah ternak domba jadi kami pilih dari siswa Agribisnis Ternak Unggas (ATU) yang ada di Sekolah”. kata Yudi Astoni Kepala Sekolah SMK PP Negeri Sembawa.

Selanjutnya pimpinan cabang Dompet Dhuafa Sumatera Selatan menjelaskan ini adalah launching program pertama dari Dompet Dhuafa untuk program pelajar berdaya.

“Kami bukan hanya sembarangan memilih penerima hibah, namun kami telah melihat data dan mempertimbangkan kenapa harus SMK PP Negeri Sembawa. Sekolah ini merupakan sekolah yang berada langsung dibawah Kementerian Pertanian yang ada di Sumatera Selatan serta memiliki jurusan atau program studi Ternak Unggas” kata Rizki Asmuni.

Program pelajar berdaya ini adalah bentuk penyaluran zakat dari amilin dan diharapkan bisa menjadi sarana pembelajaran bagi siswa serta dapat membantu meningkatkan ekonomi siswa. Domba domba ini akan dibesarkan sampai masa Idul Adha atau hari raya kurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 1 9 7 6 2
Views Today : 23
Views This Month : 442
Views This Year : 5018
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.210.149.205
Arsip Tersimpan