1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Kementan Dukung Gerakan Pangan Murah di Palembang

Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Kementan Dukung Gerakan Pangan Murah di Palembang

Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Kementan Dukung Gerakan Pangan Murah di Palembang

Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Kementan Dukung Gerakan Pangan Murah di Palembang

Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Kementan Dukung Gerakan Pangan Murah di Palembang

Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Kementan Dukung Gerakan Pangan Murah di Palembang

PALEMBANG – Kementerian Pertanian (Kementan) terus memantau harga kebutuhan pokok di beberapa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya wilayah Sumatera Selatan, melalui Tim Pengawalan dan Monitoring SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa yang berkolaborasi dengan Badan Pangan Nasional dan Dinas Ketahanan Pangan dan peternakan Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam berbagai kesempatan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan pengawalan ketersediaan pangan mutlak dilakukan, untuk memastikan pasokan pangan dimasyarakat cukup.

“Tim Pengawalan dan Monitoring mempunyai tugas melakukan pengawalan, koordinasi, dan monitoring terhadap kepastian ketersediaan dan harga bahan pokok, khususnya dalam menghadapi Harga beras yang semakin naik,” ujar Syahrul.

Dedi Nursyamsi, Kepala BPPSDMP menambahkan, pertanian akan terus berproduksi untuk memastikan masyarakat mendapatkan pangan.

“Bahan pangan pokok dibutuhkan setiap harinya. Karena itu, kita minta tim bekerja efektif untuk memastikan bahan pokok tersedia di masyarakat,” ujar Dedi.

Stok 10 komoditas pangan pokok yaitu beras, cabai besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, telur ayam, daging sapi, gula pasir, dan minyak goreng terpantau mulai mengalami kenaikan yang cukup signifikan, salah satu dari dampak adanya laju inflasi 2023.
Dalam upaya menekan laju inflasi yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Ketahanan Pangan dan peternakan Provinsi Sumatera Selatan secara rutin menggelar gerakan pangan murah untuk masyarakat kota Palembang atau sekitarnya di sekitar halaman kantor kecamatan Kalidoni Provinsi Sumatera Selatan (3/10).

Stok 10 komoditas pangan pokok yaitu beras, cabai, bawang merah, bawang putih, telur ayam, daging sapi, gula pasir, dan minyak goreng terpantau mulai mengalami kenaikan terutama pada bahan pokok beras, karena salah satu dari dampak adanya laju inflasi 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel Ruzuan Effendi dalam pembukaan Gerakan Pangan Murah di Halaman Kantor Kecamatan Kalidoni Provinsi Sumatera Selatan.

“Walaupun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan seperti bahan pokok utama beras, namun stok beras tetap aman”, ujarnya.

Berbagai jenis produk yang ditawarkan di bazar tersebut sangat menarik perhatian masyarakat untuk mengunjungi pasar murah tersebut, terutama untuk komoditas beras dan telur ayam yang dijual sangat murah sehingga masyartakat berbondong-bondong dan rela antri untuk mendapatkan paket beras dan sembako murah lainya.

Gerakan Pangan Murah harapanya dapat menstabilkan harga kebutuhan pokok seperti beras, pada kegiatan ini banyak sekali stock beras terjual ribuan kilo dan habis terjual semua.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan menyebut bahwa dengan adanya Gerakan Pangan Murah yang digelar selama satu hari ini dapat membantu masyarakat umum untuk mendapatkan sembako murah dengan kualitas baik dan diharapkan mampu menekan harga kebutuhan pokok dan kelangkaan stock dipasaran.

Gerakan Pangan Murah ini diikuti oleh 18 peserta undangan beberapa peserta utama dari Bulog sebagai pemasok bahan pokok beras, Mitra Tani sebagai pemasok sayur dan buah segar.

SMK PP Negeri Sembawa sebagai UPT Kementan konsisten mendukung upaya pemerintah (Kementan) dalam penyediaan pangan. Dalam gerakan pasar murah ini, SMK PP Negeri Sembawa ikut andil sebagai pemasok produk telur ayam dan hasil produk PWMP hasil siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 2 3 7 1 2
Views Today : 60
Views This Month : 781
Views This Year : 12117
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.192.94.177
Arsip Tersimpan