1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Uji Kompetensi Peserta Didik, SMKPP Kementan Gelar Ujian Praktik Akhir Tahun

Uji Kompetensi Peserta Didik, SMKPP Kementan Gelar Ujian Praktik Akhir Tahun

Uji Kompetensi Peserta Didik, SMKPP Kementan Gelar Ujian Praktik Akhir Tahun

Uji Kompetensi Peserta Didik, SMKPP Kementan Gelar Ujian Praktik Akhir Tahun

Uji Kompetensi Peserta Didik, SMKPP Kementan Gelar Ujian Praktik Akhir Tahun

Uji Kompetensi Peserta Didik, SMKPP Kementan Gelar Ujian Praktik Akhir Tahun

Banyuasin – Sektor pertanian ke depan tidak lepas dari peran pengembangan Sumber Daya Manusianya. Sehingga sangat tepat jika mempersiapkan generasi muda untuk ikut berperan melalui minat dan bakat sehingga mampu menjawab tantangan di sektor pertanian.

SMK PP Negeri Sembawa, sebagai salah satu UPT Pendidikan di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) terus mempersiapkan para peserta didik menjadi tenaga terampil dalam bidang pertanian dan mampu berwirausaha di bidang pertanian.

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

Menurut Amran, pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepeneur, untuk dihubungkan dengan industri agar lulusannya sesuai kebutuhan, dan siap untuk hal-hal baru.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.

“Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul (job seeker) serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sebagai job creator,” kata Dedi.

Kepala SMK-PP Sembawa Yudi Astoni menyampaikan bahwa Ujian Praktik Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2023/2024 dilaksanakan merupakan kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif yang lebih menekankan pada psikomotor, kecakapan dan keterampilan peserta didik.

“Pelaksanaan ujian praktik dilakukan dengan tujuan untuk mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar psikomotor, kecakapan dan keterampilan peserta didik pada mata pelajaran yang telah ditentukan.” Tutur Yudi.

Ketua Tim Kerja Penyelenggara Pendidikan Titin Pransisca menyampaikan pelaksanaan ujian praktik PAT Tahun Ajaran 2023/2024 dilaksanakan pada 29-31 Mei 2024, dengan fokus pada kompetisi keterampilan kejuruan pada setiap program studi yang diikuti oleh tingkat X dan XI dengan teknis pelaksanaan di koordinir oleh ketua program studi.

“Pada program studi Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura (ATPH) kompetensi yang diujikan antara lain menanam kangkung dan bayam, memupuk tanaman jagung hibrida, perbanyakan tanaman hias adenium, pemupukan tanaman aren, menghitung analisa usaha tani jagung manis, setting tropong satdia dan pembacaan benang stadia, mengendalikan gulma dan pemupukan pada tanaman nanas, persemaian caisim untuk budidaya hidroponik, serta penanaman tanaman pepaya.” Jelas Titin.

“Untuk program studi Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) kompetensi yang diujikan antara lainPenyulaman, pemupukan dan pembumbunan, Okulasi Pembibitan Karet, Setting teropong stadia dan pembacaan benang stadia, penanaman LCC, pembokoran dan pemupukan taman karet, proposal pembibitan kelapa sawit, identifikasi fraksi buah kelapa sawit matang panen.” tutur Titin.

“Sementara program studi Agribisnis Ternak Unggas (ATU) kompetensi yang diujikan antara lain pengoperasian peralatan kandang close house, pembuataan brooder, vaksinasi, menyiapkan dan mengidentifikasi kandungan nutrisi bahan konsentrat ternak, menyusun formula, pembuatan konsentrat, memberikan konsentrat pada ternak ruminansia.” Lanjut Titin.

“Serta untuk program studi Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) kompetensi yang diujikan adalah pembuatan Keripik, perhitungan analisa usaha, pembuatan minyak kelapa, pembuatan rendang, selai nanas, dan keripik singkong, pengawasan mutu proses dan hasil terakhir Setting tropong satdia dan pembacaan benang stadia.” tutup Titin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 2 2 7 5 7
Views Today : 21
Views This Month : 996
Views This Year : 10618
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.236.116.27
Arsip Tersimpan