1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Adu Kreativitas Siswa, Nasi Kuning Disajikan Dengan Beragam Topping Kreasi

Adu Kreativitas Siswa, Nasi Kuning Disajikan Dengan Beragam Topping Kreasi

Adu Kreativitas Siswa, Nasi Kuning Disajikan Dengan Beragam Topping Kreasi

Adu Kreativitas Siswa, Nasi Kuning Disajikan Dengan Beragam Topping Kreasi

Adu Kreativitas Siswa, Nasi Kuning Disajikan Dengan Beragam Topping Kreasi

Adu Kreativitas Siswa, Nasi Kuning Disajikan Dengan Beragam Topping Kreasi

Generasi milenial salah satu generasi yang selalu terbuka akan inovasi sehingga mereka dituntut untuk beradaptasi dengan dunia digital. Pentingnya perkembangan potensi dan skill yang dimiliki bagi kaum milenial untuk bisa menciptakan sesuatu yang memiliki keistimewaan yang membutuhkan kreativitas tinggi tentunya lebih inovatif.
SMK PP Negeri Sembawa, sebagai Unit Pelaksana Teknis, selalu berupaya untuk memberikan semangat dan dorongan kepada siswa siswi  untuk memiliki rasa ingin tau lebih, kreatif dan inovatif melalui kegiatan pengolahan.
Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) mengatakan kekayaaan sumber daya alam di Indonesia, membuka banyak peluang bisnis pertanian yang luas untuk digarap kaum milenial ini. Ia menambahkan keterlibatan generasi milenial dalam mendukung, mengembangkan, serta memajukan sektor pertanian menjadi sangat dibutuhkan. Pertanian juga perlu sentuhan serta terobosan generasi ini.
Generasi milenial memiliki ciri berpikir strategis, inspiratif, inovatif, energik, antusias, dan fasih mengadopsi teknologi digital dalam beragam aspek bisnis sehingga diprediksi menjadi pembawa pembaruan dalam pembangunan pertanian. Syahrul berharap kaum muda bisa dimaknai sebagai benteng pembangunan pertanian”ucap Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Lebih lanjut juga disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, sudah saatnya pertanian dikelola generasi milenial. Menggunakan kreativitas dan inovasinya. Sehingga, pertanian ke depan menjadi modern. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, tetapi juga berorientasi ekspor, paparnya.
Perkembangan dunia kuliner saat ini semakin marak dengan berbagai macam inovasi dan kreasi yang tak hanya mengugah selera tapi juga memanjakan indra penglihatan. Tentunya, point terpenting yaitu cara penataan dan penyajian makanan pun dirasa perlu memperhatikan posisi dan komposisi makanan agar menunjukkan nilai seni dan kualitas yang tinggi salah satunya yaitu menyajikan nasi kuning dengan berbagai toping kreasi.
Nasi kuning merupakan makanan khas Indonesia yang dimasak dengan menggunakan kunyit. Tentu, anda sudah tidak asing dengan makanan ini karena makanan ini sudah sering terdengar di telinga. Makanan ini juga bisa dikatakan sebagai makanan yang turun temurun untuk melengkapi acara yang sakral ataupun resmi. Makanan yang berasal dari tradisi masyarakat Nusantara ini menjadi satu ciri khas kuliner adat Jawa yang masih banyak dikonsumsi sampai saat ini. Berbicara tentang makanan ini umumnya disajikan dengan model tumpengan biasanya ditemani oleh berbagai macam lauk pauk tradisonal.
Ruhil Fida selaku guru produktif APHP menyatakan melalui pembelajaran tentang makanan herbal salah satu nya yaitu pembuatan nasi kuning, siswa diberikan motivasi untuk berkreasi dari nasi kuning yang dibuat. Guna mendorong kreativitas kaum milenial, setelah pembuatan nasi kuning ini siswa-siswi diminta untuk melakukan penyajian semenarik mungkin yang tentunya lebih inovatif.
Penyajiannya dari nasi kuning pun beragam, tidak hanya disajikan seperti nasi biasanya. Yang paling biasa adalah dengan membentuknya dengan bentuk cone atau biasa disebut dengan tumpeng. Tentunya dibuktikan dengan hidangan lain yang senantiasa melengkapi nasi kuning agar terlihat lebih menarik. “Ujar ruhil.
Pada dasarnya untuk menghias nasi kuning ini tidak memerlukan bahan-bahan yang sulit kita dapatkan melainkan banyak berbagai cara untuk melakukan kreasi pada nasi kuning ini agar mempercantik tempilannya dan berbeda dari yang lainnya.
Penambahan garnish dari berbagai sayuran merupakan cara yang cukup mudah untuk menghias, namun membutuhkan ketelatenan lebih saat membuatnya sekaligus akan menambah kenikmatan dari nasi kuning tersebut.
Tak hanya garnish dari berbagai sayuran, cara menghias nasi kuning  juga membutuhkan aneka lauk pauk supaya semakin terlihat cantik dan menggugah selera. Dengan bentuk yang unik dan banyak kreasi,
Terakhir, semakin menarik penyajian nasi kuning dibuat dengan aneka kreasi hiasan, tentunya akan membuat penasaran bagi orang yang melihatnya. Dengan adanya  kreativitas yang tinggi dan bahan-bahan yang menarik menjadi kunci sukses untuk membuat nasi kuning terlihat cantik tentunya menggugah selera. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 1 8 3 1 6
Views Today : 38
Views This Month : 1207
Views This Year : 2784
Who's Online : 0
Your IP Address : 34.236.134.129
Arsip Tersimpan