1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Jalin Sinergi dengan Dunia Usaha, Kementan Salurkan Job Seeker

Jalin Sinergi dengan Dunia Usaha, Kementan Salurkan Job Seeker

Jalin Sinergi dengan Dunia Usaha, Kementan Salurkan Job Seeker

Jalin Sinergi dengan Dunia Usaha, Kementan Salurkan Job Seeker

Jalin Sinergi dengan Dunia Usaha, Kementan Salurkan Job Seeker

Jalin Sinergi dengan Dunia Usaha, Kementan Salurkan Job Seeker

BANYUASIN – Pendidikan vokasi pertanian dituntut untuk menghasilkan lulusan yang siap berwirausaha (Job Creator) dan siap bekerja (Job Seeker). Oleh sebab itu, Kementerian Pertanian menggenjot pendidikan vokasi agar dapat menciptakan SDM berkualitas.

Hal ini menjadi fokus SMKPPN Sembawa, sebagai salah satu UPT Pendidikan dibawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menyatakan, pendidikan vokasi punya peran penting menghasilkan petani milenial yang berjiwa entrepeneur.

“Melalui pendidikan vokasi, kita menghubungkan kampus dengan industri-industri agar lulusannya sesuai kebutuhan dan siap untuk hal-hal yang baru,” kata Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan petani milenial merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

“Kalian harus menjadi qulified job seekers dan job creator. Kalian harus dapat menjadi SDM pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing, dan berjiwa enterpreneurship yang tinggi, karena hal itu akan mampu menggenjot produktivitas dan ekspor komoditas pertanian,” kata Dedi.

Dedi optimis pendidikan vokasi Kementan dapat mencetak petani milenial berkualitas, SMKPP dan Polbangtan merupakan pendidikan menengah dan tinggi vokasi yang mengedepankan kedisiplinan, pendidikan karakter dan berdaya saing sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja.

Bertempat di Aula SMKPPN Sembawa pada pekan kedua Februari 2023 sebanyak 30 Job Seeker yang merupakan alumni SMKPPN Sembawa difasilitasi Bursa Kerja Khusus (BKK) mengikuti rekrutmen calon karyawan untuk posisi field assisten PT Bersama Satu Teguh (PT BST).

PT BST bergerak di bidang produksi pestisida, herbisida, pupuk yang menyangkut kebutuhan untuk menunjang sektor pertanian.

Kepala SMKPPN Sembawa Yudi Astoni menyampaikan Bursa kerja SMK PP Negeri Sembawa siap untuk memfasilitasi apabila ada perusahaan yang ingin melakukan rekrutmen karyawan kepada alumni mereka. Pihak sekolah menyampaikan apresiasi kepada perusahaan yang melakukan proses rekrutmen salah satunya PT BST.

Manajer Area Sumbagsel Supriyanto yang hadir dalam rekrutmen ini dihadapan 30 peserta menjelaskan apa saja deskripsi job mereka nanti setelah bergabung di PT BSB serta benefit dan fasilitas yang akan mereka dapatkan.

Supriyanto menegaskan bahwa yang terpenting adalah komitmen dari karyawan terhadap perusahaan. Proses yang dilaksanakan pada tahap ini ini tes tertulis dan selanjutnya adalah wawancara. Hasil dari rekrutmen sebanyak 10 alumni akan diterima dan siap bergabung di PT BST.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 2 2 7 5 3
Views Today : 15
Views This Month : 990
Views This Year : 10612
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.236.116.27
Arsip Tersimpan