1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Memiliki Fasilitas Yang Mumpuni, SMK Kementan Jadi Lokasi Praktikum Mahasiswa Pertanian

Memiliki Fasilitas Yang Mumpuni, SMK Kementan Jadi Lokasi Praktikum Mahasiswa Pertanian

Memiliki Fasilitas Yang Mumpuni, SMK Kementan Jadi Lokasi Praktikum Mahasiswa Pertanian

Memiliki Fasilitas Yang Mumpuni, SMK Kementan Jadi Lokasi Praktikum Mahasiswa Pertanian

Memiliki Fasilitas Yang Mumpuni, SMK Kementan Jadi Lokasi Praktikum Mahasiswa Pertanian

Memiliki Fasilitas Yang Mumpuni, SMK Kementan Jadi Lokasi Praktikum Mahasiswa Pertanian

BANYUASIN – Sebanyak 140 Mahasiswa dan 10 Dosen Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah (UMP), Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan berkunjung ke SMK PP Negeri Sembawa untuk melakukan praktikum mahasiswa. Mahasiswa yang melakukan kunjungan merupakan mahasiswa semester 2, 4 dan 6 dengan jurusan Agroteknologi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) pun mendukung setiap langkah yang dilakukan oleh seluruh unit kerja Kementerian Pertanian (Kementan) dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dibidang pertanian. “kita akan terus berupaya meningkatkan SDM di Bidang Pertanian, agar pertanian di negeri kita semakin baik dan semakin berkembang”, ujar Mentan SYL.

Ditambahkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, untuk menjadi negara maju, hal utama yang perlu digenjot adalah SDM nya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantapan Pendidikan vokasi pertanian, mencetak lulusan yang berkualitas baik sebagai job seeker, job creator maupun pengusaha pertanian milenial.

“Saat ini ada keterbatasan dalam mencetak SDM Pertanian di tingkat Sekolah Menengah, karena itu kita gandeng sekolah sekolah dan universitas berjurusan pertanian yang ada di Daerah, dikarenakan kita sangat membutuhkan SDM yang berkualitas”, ucap Dedi.

Universitas Muhammadiyah merupakan salah satu universitas swasta yang memiliki jurusan pertanian. Memiliki jurusan yang sama dengan SMK PP Negeri Sembawa yaitu Pertanian, Universitas Muhammadiyah memilih SMK PP Negeri Sembawa sebagai partner, dikarenakan di SMK PP N Sembawa didukung dengan fasilitas yang sangat lengkap, memiliki lahan yang luas kemudian langsung berada dibawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Kami melakukan kegiatan praktik di SMK PP Negeri Sembawa, dikarenakan SMK PP Negeri Sembawa memiliki fasilitas yang sangat lengkap, kemudian lahan yang sangat luas 97 Ha. Disini kami mengenalkan Mahasiswa dengan kondisi lapangan yang sebenarnya, selain itu kami juga berencana membuat nota kesepakatan bersama SMK PP Negeri Sembawaa, kata Iin Siti aminah Kepala Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian UMP.

Terlihat antusiasme Mahasiswa UMP saat melakukan Praktikum Pengolahan Tanah, bersama Pendamping dari SMK PP N Sembawa, Anang Yulianto, S.ST dan Tim, berkunjung ke kandang ayam petelur dan pedaging, pembibitan kelapa sawit, lalu dilanjutkan ke tempat Pengolahan Serai Wangi menjadi Minyak Serai. Beberapa Dosen sangat bersemangat ketika berada di lokasi pengolahan serai wangi, dan melihat hasil produk turunannya.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Yudi Astoni bersama Tim pendamping praktikum menyambut baik kedatangan Dosen dan Mahasiswa UMP.

“Sebagai salah satu misi sekolah kami adalah sebagai pusat belajar pertanian yang tentunya siap untuk melakukan sharing knowledge baik terkait pembelajaran, praktikum, teaching factory ataupun lainnya. Untuk kemajuan SDM Pertanian kami pasti akan ikut berperan. Seperti saat ini kami menjadi lokasi praktikum Mahasiswa jurusan pertanian UMP. Disisi lain kami juga terus berupaya melakukan upgrade terhadap layanan pembelajaran bagi peserta didik kami”,ujar Yudi.

RILIS BPPSDMP – 24 Juni 2022
836/ HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 2 2 7 5 6
Views Today : 19
Views This Month : 994
Views This Year : 10616
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.236.116.27
Arsip Tersimpan