1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Sinergitas Kementan Fasilitasi Petani Akses KUR

Sinergitas Kementan Fasilitasi Petani Akses KUR

Sinergitas Kementan Fasilitasi Petani Akses KUR

Sinergitas Kementan Fasilitasi Petani Akses KUR

Sinergitas Kementan Fasilitasi Petani Akses KUR

Sinergitas Kementan Fasilitasi Petani Akses KUR

PALEMBANG – Mendukung program Kementerian Pertanian, SMK PP Negeri Sembawa bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Palembang dan DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kota Palembang menggelar sosialisasi Petani Milenial Akses Kredit Usaha Rakyat (TANI AKUR) di BPP Talang Betutu Kota Palembang (20/10) dengan peserta sebanyak 60 orang yang terdiri dari petani, penyuluh dan Pendamping Peningkatan Ekonomi Petani (PPEP). kegiatan ini menggandeng Bank Sumsel Babel dalam melaksanakan sosialisasi sekaligus dalam mengakses Kredit Usaha Tani.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), dalam berbagai kesempatan terus mendorong pelaku usaha dan petani untuk meningkatkan produktivitas dan skala usahanya. Berbagai upaya pun dilakukan salah satunya mendekatkan dan membuka akses permodalan melalui perbankan. Saat ini Kredit Usaha Rakyat (KUR) dapat menjadi salah satu solusi bagi petani serta pengusaha pertanian di Indonesia.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa sesungguhnya TaniAkur adalah program pembangunan wirausaha muda pertanian.

“Saya yakin seyakinnya bahwa program TaniAkur ini dapat menjawab tantangan pembangunan pertanian kita. Ingat keberlanjutan pertanian kita tergantung regenerasi petani kita. Disaat yang sama pembangunan pertanian kita juga tergantung dengan kesuksesan program agribisnis pertanian”,tegas Dedi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti menyampaikan apresiasi kepada SMKPPN Sembawa yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi ini, harapan banyak realisasi yg akses KUR. Selain TaniAkur ada juga program pemerintah asuransi pertanian. Jadi tidak ada keraguan dalam usaha pertanian.
Kelompok tani dapat memanfaatkan program program pemerintah ini untuk usaha pertanian.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Yudi Astoni menyampaikan program KUR telah lama digulirkan untuk membantu akses permodalan usaha, tetapi pemanfaatan nya belum maksimal.

Tahun 2022 SMKPPN Sembawa yang merupakan perpanjangan tangan langsung BPPSDMP Kementan mempunyai tugas mendiseminasikan atau memberikan informasi terkait TaniAkur yang bertujuan untuk mensejahterakan petani dengan meningkatkan produksi petani.

Salah satu hambatan dalam usaha pertanian adalah akses permodalan, untuk itu kolaborasi bersama penyuluh dan petani untuk mempermudah akses KUR.

“Setelah akses KUR, hal yang harus diperhatikan adalah bibit atau benih yg berkualitas, nutrisi untuk tanaman, manfaat alsintan/smart farming agar keberlangsungan usaha pertanian ini berhasil” ujar Yudi.

Perwakilan Bank Sumsel Babel Cabag Utama Jevu menyampaikan KUR merupakan program pemerintah lewat bank BUMN dan BUMD -Bunga yang dibebankan adalah 6% dalam satu tahun dan untuk tahun 2022 ada subsidi dari pemerintah sebesar 3%.

Pembiayaan KUR digunakan sebagai tambahan modal bagi petani serta pembayaran KUR bisa dilakukan secara angsuran dan setelah panen dengan jangka waktu disesuaikan dengan masa tanam dan panen. Beberapa syarat KUR yaitu adanya izin usaha yang didapatkan dari kelurahan, memiliki rumah tinggal tetap, KTP suami dan istri, kartu keluarga, surat keterangan menikah, dan pas foto”, jelas Jevi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 1 9 7 6 2
Views Today : 23
Views This Month : 442
Views This Year : 5018
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.210.149.205
Arsip Tersimpan