1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Siswa SMKPP Kementan Sukses Pergelarkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Siswa SMKPP Kementan Sukses Pergelarkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Siswa SMKPP Kementan Sukses Pergelarkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Siswa SMKPP Kementan Sukses Pergelarkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Siswa SMKPP Kementan Sukses Pergelarkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Siswa SMKPP Kementan Sukses Pergelarkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

BANYUASIN – Sebanyak 157 siswa SMKPP Negeri sukses dalam pergelaran Hasil Projek Penguatan Profil Pancasila (P5) pergelaran yang merupakan salah satu bentuk implementasi kurikulum merdeka belajar untuk tingkat X yang dilaksanakan di aula SMKPPN Sembawa (13/12).

Proyek P5 dengan Tema Kearifan Lokal di SMKPPN Sembawa mengusung beberapa kegiatan seni tari dan musik oleh kelas ATP 1, lukisan oleh kelas ATP 2, mozaik songket oleh kelas X ATU, kuliner oleh kelas X APHP, dan jumputan oleh kelas X APHP. Pergelaran ini untuk menampilkan proses atau produk dari hasil kegiatan P5, ajang apresiasi kepada peserta didik selama pelaksanaan P5 agar mereka memahami kearifan lokal, beragaman budaya serta memahami identitas dirinya.

Kegiatan Pagelaran P5 ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menyatakan yakin dengan pendidikan vokasi akan menjadikan para petani milenial yang lebih berkualitas.

“Hadirnya kurikulum merdeka dalam pendidikan vokasi, akan menjadikan petani milenial yang mampu memberikan inovasi dalam pertanian. Karena bagaimanapun, masa depan pertanian ada di generasi milenial,” kata Mentan Syahrul.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa guna mendukung pembangunan pertanian yang maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.

Kepala SMKPPN Sembawa mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.” ujar Yudi.

“Profil Pelajar Pancasila merupakan pemelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang terdiri dari enam dimensi atau enam ciri utama antara lain beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif.” Tegas Yudi

“Kegiatan pergelaran proyek P5 kali ini merupakan implementasi lanjutan P5 bertema kearifan lokal. Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa dapat memperoleh nilai-nilai dari keenam ciri utama pelajar Pancasila.” tambah Yudi.

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Mas Menteri Pendidikan dalam berbagai kesempatan; bahwa para siswa dapat menjadi insan yang lebih berkarakter tangguh, berkarya, dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

“Selanjutnya, untuk pelaksanaan proyek P5 di semester depan, sekolah kita akan mengusung tema wajib kewirausahaan serta satu tema pilihan, yaitu kebekerjaan.” tambah Yudi.

Tampak antusias siswa dalam pergelaran yang menampilkan hasil karya mereka sendiri dari mulai dari lukisan budaya Sumatera Selatan, lagu daerah sumatera selatan, mozaik songket, kuliner khas Sumatera Selatan, serta hasil jumputan. Kegiatan ini juga diapresiasi oleh Camat Sembawa yang menyaksikan penuh kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 2 2 8 6 1
Views Today : 35
Views This Month : 1160
Views This Year : 10782
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.222.64.76
Arsip Tersimpan