1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Kembangkan Teaching Factory, Kementan Gandeng PT Hindoli Cargill Company

Kembangkan Teaching Factory, Kementan Gandeng PT Hindoli Cargill Company

Kembangkan Teaching Factory, Kementan Gandeng PT Hindoli Cargill Company

Kembangkan Teaching Factory, Kementan Gandeng PT Hindoli Cargill Company

Kembangkan Teaching Factory, Kementan Gandeng PT Hindoli Cargill Company

Kembangkan Teaching Factory, Kementan Gandeng PT Hindoli Cargill Company

Salah satu fokus utama Kementerian Pertanian (Kementan) adalah peningkatan SDM Pertanian yang dapat dicapai dengan pendidikan vokasi pertanian. Salah satu program yang kini tengah dikembangkan adalah teaching factory.

Berbagai terobosan pun terus dilakukan untuk mengembangkan hal tersebut. Salah satunya adalah mendorong dan menindaklanjuti kerja sama yang telah terjalin dengan berbagai pihak, salah satunya dengan PT Hindoli-Cargill Company.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, dibutuhkan metode pembelajaran pendidikan vokasi melalui pendekatan teaching factory (TEFA), yaitu menerapkan sistem pembelajaran yang dikembangkan semirip mungkin dengan dunia kerja dan dunia industri (DUDI).

“Hal ini sudah menjadi keharusan mengingat tuntutan kemajuan pertanian yang maju mandiri dan modern perlu didukung oleh SDM yang mampu mengelola usaha pertanian berbasis teknologi,” tegas Mentan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, berbagai kerja sama yang dilakukan harus mampu menghasilkan output yang sangat luar biasa di sektor pertanian, khususnya peningkatan kualitas SDM pertanian.

“Kementan melalui BPPSDMP akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi pertanian. Kita akan ‘menikahkan’ dunia usaha/dunia industri (DUDI) dengan pendidikan vokasi di lingkup Kementan,” ungkap Dedi.

Melalui SMKPP Negeri yang merupakan salah satu UPT pendidikan Kementan yang berada di Sembawa, Banyuasin, Sumatera Selatan menggandeng PT  Hindoli Cargill Company yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Penandatanganan MoU antara SMK PP Negeri Sembawa dengan PT Hindoli Cargill Company dilakukan di Ruang Rapat SMKPPN Sembawa (10/11/2021).

Kepala SMKPPN Sembawa Mattobi’i mengapresiasi pihak PT Hindoli Cargill Company yang bersedia bekerjasama dengan SMK PP Negeri Sembawa. Lebih lanjut Mattobi’i meyampaikan bahwa sekolah memiliki tugas untuk menyelaraskan kurikulum dengan DUDI atau biasa yang disebut link and match.

“Kami memerlukan dukungan dari PT Hindoli Cargill Company dalam pengelolaan kebun kelapa sawit kami, sehingga kebun kami menjadi seperti miniatur industri, serta standar operasional prosedur (SOP) yang dipakai di pasar, sehingga pembelajaran di sekolah sesuai dengan yang di perusahaan di perusahaan,” tutur dia.

Nantinya, tindak lanjut dari kerja sama ini akan dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama dengan ruang lingkup penyelarasan kurikulum, guru tamu, magang guru, tempat praktik siswa, pemanfaatan sarana prasarana, penyerapan lulusan.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Hindoli Cargill Company, Anton Asmara menyampaikan bahwa pertanian harus tetap eksis dalam situasi apapun. Ha tersebut yang mendorongnya dari industri untuk dapat berkontribusi lebih bagi anak-anak didik. “Menyambung dari apa yang disampaikan Kepala SMKPPN Sembawa, semua lingkup kerja sama adalah hal-hal yang sangat bisa dilakukan. Jika ada yang bisa kita berikan untuk sekolah bagaimana mengelola perkebunan, kesempatan itu terbuka,” tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 1 8 3 1 6
Views Today : 38
Views This Month : 1207
Views This Year : 2784
Who's Online : 0
Your IP Address : 34.236.134.129
Arsip Tersimpan