1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. Perluas Wawasan Siswa, Praktisi Agroprenuership Berbagi Kiat Sukses di SMKPPN Kementan

Perluas Wawasan Siswa, Praktisi Agroprenuership Berbagi Kiat Sukses di SMKPPN Kementan

Perluas Wawasan Siswa, Praktisi Agroprenuership Berbagi Kiat Sukses di SMKPPN Kementan

Perluas Wawasan Siswa, Praktisi Agroprenuership Berbagi Kiat Sukses di SMKPPN Kementan

Perluas Wawasan Siswa, Praktisi Agroprenuership Berbagi Kiat Sukses di SMKPPN Kementan

Perluas Wawasan Siswa, Praktisi Agroprenuership Berbagi Kiat Sukses di SMKPPN Kementan

SEMBAWA- Menjalankan usaha bukan hal mudah, ada beberapa tantangan yang perlu dipikirkan dengan matang seperti modal yang besar, tingkat persaingan yang tinggi, inovasi, kreativitas, dan pelayanan.

Buruknya perencanaan bisa menyebabkan pengusaha gulung tikar. Namun, tak sedikit juga pengusaha yang justru berhasil mengembangkan bisnis lantaran menjalankan kunci sukses usaha. Kesuksesan memang mustahil bisa terwujud seperti membalikkan telapak tangan. Meski begitu, jangan berkecil hati saat memulai usaha.

Kementerian Pertanian [Kementan] terus berupaya menyiapkan diri mencetak Sumber Daya Manusia [SDM] yang berkompeten untuk memajukan sektor pertanian, salah satunya dengan mendatangkan guru tamu bagi sekolah vokasi pertanian.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menjelaskan pentingnya pendidikan vokasi dalam menghasilkan petani milenial.

“Pendidikan vokasi menghasilkan petani milenial berkapasitas dan kompetensi, dengan kualifikasi job creator maupun job seeker mumpuni guna memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri [DUDI]” jelas Syahrul.

Harapan serupa dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi tentang lulusan Sekolah vokasi pertanian harus siap untuk menjadi job creator dan job seeker yang terjun di Dunia Industri.

“Lulusan sekolah kejuruan seperti SMKPP, harus siap menjadi pelaku didunia pertanian, siap membuat pertanian yang makin maju, mandiri dan modern.” ujar Dedi.

Sebanyak 30 Peserta didik Program studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura [ATPH] tingkat XII SMKPP Negeri Sembawa belajar bersama guru tamu dibidang Hortikultura pada 27 Juli 2023.

Kepala SMK PP Sembawa yang di wakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat, Ruhil Fida menyampaikan kehadiran founder Juragan Grup Sejahtera di SMKPPN Sembawa merupakan angin segar untuk menambah keterampilan dan pengetahuan peserta didik, gali ilmu sebanyak-banyaknya untuk mengambangkan potensi yang ada di sekitar.

Peserta didik dengan antusias mengikuti pelajaran yang diberikan oleh Leyyo Hunter, selaku guru tamu ,founder Juragan Group Sejahtera yang sukses mengembangkan usahanya dibidang kuliner, tanaman hias, dan coffea shop.

Leyyo, mengutarakan untuk berwirausaha kunci yang pertama adalah niat diikuti usaha.

“sebelum memulai berwirausaha kita harus mengenal passion kita dahulu. Saat kamu telah mengenal passionmu, bukan kamu yang mencari uang tapi uang yang akan mencarimu” tutur Leyyo.

Sambungnya, Sebagai seorang pengusaha kita harus siap dengan perubahan, jangan terpaku pada titik yang sama harus selalu melakukan inovasi-inovasi yang dibutuhkan sesuai perkembangan zaman.

Terakhir Leyyo menyatakan, bahwa di SMKPPN Kementan sangat banyak potensi yang dapat dikembangkan “coba kamu perhatikan, di hadapanmu banyak potensi yang dapat kamu kembangkan. Cobalah untuk membuka peluang itu” tutup Leyyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 1 8 4 8 1
Views Today : 55
Views This Month : 1455
Views This Year : 3032
Who's Online : 0
Your IP Address : 3.236.145.153
Arsip Tersimpan