1. Home
  2. »
  3. Berita
  4. »
  5. SMKPP Kementan Raih Penghargaan dari Industri dan Dunia Kerja

SMKPP Kementan Raih Penghargaan dari Industri dan Dunia Kerja

SMKPP Kementan Raih Penghargaan dari Industri dan Dunia Kerja

SMKPP Kementan Raih Penghargaan dari Industri dan Dunia Kerja

SMKPP Kementan Raih Penghargaan dari Industri dan Dunia Kerja

SMKPP Kementan Raih Penghargaan dari Industri dan Dunia Kerja

BANYUASIN – Pendidikan vokasi pertanian dituntut menghasilkan lulusan yang siap berwirausaha (job creator) dan siap bekerja (job seeker).

Hal ini dijawab SMKPPN Sembawa yang menerima penghargaan dari Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) bidang Kelapa Sawit, PT Cipta Futura (PT CIFU), sebagai sekolah yang telah berhasil mengantarkan alumninya bekerja pada perusahaan tersebut melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKPPN Sembawa.

Keberhasilan ini diapresiasi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Pendidikan vokasi punya peran penting menghasilkan petani milenial yang berjiwa entrepeneur, melalui pendidikan vokasi, kita menghubungkan kampus dengan industri-industri agar lulusannya sesuai kebutuhan dan siap untuk hal-hal yang baru,” kata Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP], Dedi Nursyamsi, mengatakan petani milenial merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

“Kalian harus menjadi qulified job seekers dan job creator. Kalian harus bisa menjadi SDM pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing, dan berjiwa enterpreneurship yang tinggi, karena hal itu akan mampu menggenjot produktivitas dan ekspor komoditas pertanian,” kata Dedi Nursyamsi.

Dia optimistis pada pendidikan vokasi Kementan dapat mencetak petani milenial berkualitas, SMKPP dan Polbangtan merupakan pendidikan menengah dan tinggi vokasi yang mengedepankan kedisiplinan, pendidikan karakter dan berdaya saing sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja dan memiliki peranan dalam mendukung pembangunan pertanian.

Kepala SMKPPN Sembawa, Mattobi’i, yang menerima penghargaan dari PT Cipta Futura di aula SMKPPN Sembawa, 24 Februari 2022, menyampaikan apresiasi terhadap PT CIFU.

“PT CIFU begitu memperhatikan Bursa Kerja Khusus yang ada di sekolah dan kedepan akan terus ditingkatkan pelayanan BKK,” katanya.

Provost Kaderisasi PT CIFU, Clara Novranita dalam hal ini menyampaikan kedepan dimungkinkan akan dilaksanakan kelas industri di SMKPPN Sembawa dimana sejak siswa kelas X sudah ditanamkan karakter untuk bisa menjadi karyawan di salah perusahaan sawit terbesar di Sumatera Selatan ini.

“Penghargaan yang diberikan merupakan ucapan terima kasih kepada BKK karena kerjasama dalam proses perekrutan dari tahun 2018-2021 dan alumni yang bekerja di PT CIFU kurang lebih 10 alumni. Di PT CIFU yang dilakukan dalam beberapa tahap sebelum alumni dinyatakan jadi karyawan tetap,” katanya.

Clara juga menekankan pentingnya komitmen ketika sudah mantap untuk memilih menjadi job seeker.

Pada hari yang sama juga dilaksanakan proses rekrutmen tahap kedua yang diikuti oleh 15 siswa kela XII, kedepan ke 15 siswa ini akan menjalani tes tahapan kualitas, tes psikotes, kesehatan dan wawancara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

0 1 8 3 1 6
Views Today : 38
Views This Month : 1207
Views This Year : 2784
Who's Online : 0
Your IP Address : 34.236.134.129
Arsip Tersimpan